Cara Cek Masa Subur Dengan Ovutest dan Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Cara Cek Masa Subur Dengan Ovutest dan Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Menghitung masa subur wanita susah-susah gampang. Memang menghitung kesuburan bisa dihitung melalui siklus menstruasi tetapi, tidak jarang cara seperti itu tidak tepat. Pasalnya, tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang stabil / teratur. Wanita dengan siklus haid teratur dapat menggunakan rumus 12 sampai 16 sebelum hari pertama siklus haid berikutnya. Lalu bagaimana dengan wanita yang siklus haidnya tidak stabil ? solusinya adalah anda bisa menggunakan alat ovutest. Berikut adalah cara cek masa subur dengan ovutest

Cara cek masa subur dengan ovutest

Masa ovulasi wanita atau masa subur dapat dilihat dari kenaikan dari hormon luiteinizing (LH). Dimana hormone LH akan mendorong sel telur keluar dari ovarium menuju falopi. Masa subur wanita sangat tergantung dari hormon tersebut. Cara cek masa subur dengan ovutest sangat mudah. Caranya adalah masukan stick test ke alat baca sampai terlihat symbol air. Selanjutnya celupkan stick test selama 10 detik ke dalam wadah berisi air urine. Tunggu beberapa saat sampai ovutest menunjukan tanda positif yang ditandai dengan munculnya dua garis warna maka menandakan bahwa anda dalam masa subur.  Perlu diingat bahwa ovulasi akan terjadi dalam kurun waktu 24 sampai 48 jam berikutnya sebaiknya anda melakukan hubungan intim dalam kurun waktu tersebut. Yang terpenting adalah anda perlu membaca secara teliti cara cek masa subur dengan ovutest yang terdapat dibungkus ovutest itu sendiri. 

Keuntungan jika menggunakan ovutest untuk mengetahui masa subur adalah ovutest sangat akurat. Selain itu, ovutest dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal dan sudah tersedia di apotik-apotik terdekat. Dengan akurasi sebesar 90 sampai 95 % menandakan alat ini sangat membantu anda. Namun, jika sudah melakukan cek masa subur dengan ovutest dan anda tidak kunjung hamil juga, anda bisa memeriksakan diri ke dokter dan memastikan penyebab susah hamil.

Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Menjaga Kesehatan agar tetap sehat dan fit adalah kunci utama untuk meningkatkan kesuburan, terlebih anda yang sedang menjalankan program hamil menjaga Kesehatan wajib untuk diperhatikan. Makan makanan bernutrisi yang mengandung antioksidan tinggi sangat membantu meningkatkan kesuburan wanita maupun pria. Jika gaya hidup anda tidak sehat seperti mengkonsumsi kafein, alkohol ataupun merokok maka itu sangat mempengaruhi kesuburan anda. Selalu berpikir positif dan olah stress dengan baik bisa membuat keadaan anda tetap stabil dan tingkat kesuburan pun dapat meningkat. Selain dari gaya hidup yang tidak sehat ada beberapa penyakit yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita yaitu gangguan ovulasi / gangguan tiroid, penyumbatan atau kerusakan saluran indung telur, munculnya jaringan parut pada bagian panggul, endometriosis ( tumbuhnya lapisan jaringan dalam dinding Rahim di luar rongga Rahim ) dan juga tumor. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *