5 Kelebihan Adanya Conversational Commerce Bagi Para Pembeli!

5 Kelebihan Adanya Conversational Commerce Bagi Para Pembeli!

Ketika belanja online, ada kalanya pelanggan kurang mengerti akan produk yang dijual. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini, ketika dilakukan secara offline, akan dijawab secara langsung oleh pihak pramuniaga atau pihak penjual secara langsung. Sedangkan pada pembelian secara online, pelanggan dapat menggunakan layanan conversational commerce, layanan chat untuk para penjual dan pembeli agar dapat berkomunikasi dengan lebih mudah.

1. Mampu menjawab pertanyaan secara cepat

Pada dasarnya fungsi dibuatnya conversational commerce ini adalah untuk menjembatani antara pihak penjual dan pihak pembeli. Sehingga pihak pelanggan / pembeli yang hendak mengajukan pertanyaan dapat dijawab dengan cepat.

Dahulu layanan pertanyaan hanya dapat diajukan melalui line email. Atau pihak pelanggan yang ingin bertanya sesuatu pada pihak penjual, akan menanyakannya secara langsung menggunakan email. Walaupun terbilang berhasil, tapi saat ini teknik tersebut, terbilang lama dan kurang praktis. Adanya layanan chat online yang dimaksud, membuat aneka pertanyaan dapat dijawab secara cepat, serta mampu memuaskan keingintahuan dari pelanggan, akan produk yang akan dibeli !

2. Dapat bertanya kapan saja

Selain itu fitur Conversational commerce ini, dapat digunakan secara 24 jam penuh, bahkan 7 hari dalam seminggu. Walaupun tidak semua penjual mampu memberikan layanan seperti ini, karena ada juga beberapa yang menyediakan layanan tersebut hanya selama jam kerja. Namun artinya para pelanggan, seperti Anda, dapat bertanya kapan saja, sebagaimana waktu yang ditentukan, baik itu pada jam kerja, atau yang berlaku selama 24 jam.

3. Teknik mengajukan pertanyaan yang terbilang praktis

Yang menarik adalah, teknik mengajukan pertanyaan yang diberikan, terbilang praktis. Fitur ini sendiri, biasanya ada di website resmi penjual, atau ada fitur khusus live chat.

Dalam hal ini pihak pembeli, akan mengetik, atau menginformasikan pada kolom pertanyaan, tentang informasi yang dibutuhkan, mulai dari ukuran produk isi kandungan produk, koleksi warna produk, dan aneka pertanyaan lainnya. Setelah pembeli menuliskan pertanyaan yang diajukan, maka pihak penjual akan memeriksanya, kemudian menjawabnya, sesuai pertanyaan yang diajukan. Tentunya teknik seperti ini tidak sulit untuk dilakukan.

4. Mampu memberikan rekomendasi produk secara cepat

Selain menyediakan fitur chat, tentang produk. Layanan yang dimaksud juga bisa memberikan layanan rekomendasi produk. Maksudnya memberikan rekomendasi produk yang diinginkan pada pihak pelanggan.

Dengan demikian, waktu belanja para pelanggan jadi lebih cepat, dan tidak perlu repot mencari produk yang dibutuhkan.

5. Lebih hemat waktu

Jika dilihat dari standar SOP yang diberikan, sebaiknya pihak penjual mampu menjawab aneka pertanyaan yang diberikan oleh pihak pelanggan kurang dari 30 detik. Artinya berbagai pertanyaan yang diajukan, akan mampu dijawab dengan mudah oleh pihak penjual.

Secara tidak langsung hal ini akan berimbas pada waktu layanan yang diberikan. Lebih praktis, dan lebih efisien.  

Anda yang saat ini berkecimpung dalam bisnis online, ada baiknya jika mulai menggunakan layanan conversational commerce. Agar para pelanggan merasa lebih terlayani dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *