Perkiraan Biaya Pembuatan Kosmetik di Manufaktur Kosmetik

Perkiraan Biaya Pembuatan Kosmetik di Manufaktur Kosmetik

Bisnis kosmetik sekarang bisa dibilang usaha yang sangat menjanjikan baik untuk skincare dan make-up. Sebenarnya untuk membuat kosmetik tidak sulit, anda akan dibantu oleh perusahaan manufaktur kosmetik. Yang perlu disiapkan adalah logo dan merek yang akan digunakan. Harga produk di perusahaan akan bergantung pada penggunaan bahan aktif produk dan pengemasannya. Sebenarnya berapa perkiraan biaya yang dibutuhkan? 

Biaya pembuatan sampel terlebih dahulu

Pada umumnya pembuatan kosmetik akan bergantung pada dana yang dimiliki. Oleh karena itu perkiraan biaya sangat penting untuk dilakukan. Kenapa harus bisnis kosmetik? Perkembangan penggunaan kosmetik mengalami kenaikan terutama di Indonesia. Tidak heran banyak artis dan beauty selebgram beramai-ramai meluncurkan produk miliki sendiri. Biaya yang pertama kali di pertimbangkan adalah biaya pembuatan sampel. Ini tahap awal dari pembuatan kosmetik. 

Tujuan dari pembuatan sampel agar tidak ada kesalahan di kemudian hari setelah produk diproduksi, mengecek formula dan bahan bakunya juga. Kisaran untuk pembuatan sampel bisa sampai Rp. 1.500.000 berdasarkan perusahaan yang anda pilih. Biaya ini umumnya sudah termasuk dalam biaya revisi sampel. 

Biaya izin

Dalam pembuatan produk kosmetik sendiri, mengurus perizinan bukan lagi hal yang baru. Biaya izin dapat berupa nomor registrasi dari BPOM, merek dan paten atau halal MUI. Ketiga perizinan ini memiliki kisaran biaya yang berbeda. Biasanya anda akan menghabiskan Rp. 3.000.000 sampai Rp. 5.000.000 untuk sertifikasi perizinan

Perizinan diatas memiliki fungsi yang berbeda, BPOM akan menunjukkan bahwa produk yang akan digunakan sudah lulus uji dan terjamin akan aman saat digunakan sedangkan Halal MUI berfungsi untuk menjamin kehalalan dari produk. Terakhir merek dan paten juga tidak kalah pentingnya yang akan digunakan sebagai hak kepada anda sebagai pemilik kosmetik. 

Biaya untuk produksi 

Perkiraan biaya lainnya adalah biaya produksi. Manufaktur kosmetik juga sudah menentukan biaya produksi dengan rata-rata hingga Rp. 100.000.000. Tinggi rendahnya biaya produksi tergantung dengan formula dari bahan, jumlah produk yang diproduksi dan jenis produknya. 

Dalam memilih perusahaan pembuatan manufaktur kosmetik, jangan memilih karena harganya murah tetapi melihat kualitas produk yang dihasilkan juga. Anda bisa dengan memulai mengecek brand yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut lebih dulu untuk melihat bagaimana kualitasnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *