Dampak Menggunakan E-commerce Untuk Operations Management

Dampak Menggunakan E-commerce Untuk Operations Management

E-commerce operations management – E-commerce merupakan sebuah aplikasi teknologi informasi yang sangat menjanjikan dan dapat dilihat dalam beberapa tahun terakhir. E-commerce ini mampu merenovasi manajemen rantai pasokan dan mempunyai potensi besar dalam operasi manufaktur, layanan serta ritel. Nah, perdagangan elektronik ini memang sangatlah penting di era serba digital ini. Untuk itulah, para operation Management (manajemen operasi) akan diharuskan untuk berurusan dengan tipe-tipe manajemen bisnis terbaru di dunia bisnis yang cukup berbeda dengan teknologi terbaru. Operations management harus bisa menyesuaikan dan mempelajari kembali bagaimana bisnis bisa dilakukan sejak awal dengan menggunakan e-commerce.

Dampak Menggunakan E-commerce bagi Manajemen Operasi

Sebuah bisnis tentunya perlu memastikan jika sisi e-commerce operations management bisnis mampu bekerja secara sinergis dengan semua aspek bisnis lainnya. Sebab bisnis e-commerce ini juga yang akan memutuskan jenis tata letak yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis yang akan Anda tekuni. Perlu Anda ketahui, e-commerce memang telah mengubah cara manajer operasi, misalnya dalam melihat tata letak toko dan pabriknya. Dalam pemikiran tata letak toko atau pabrik,  ide yang akan menggiring para pelanggan melalui area tertentu untuk mengantar para pelanggan ke kasir merupakan sebuah alat yang paling hebat untuk membuat penjualan ekstra atau semakin meningkat.

Pada dasarnya, operations management memang perlu menyesuaikan tata letaknya untuk bisa mengakomodasi berbagai jenis bisnis baru yang ingin digelutinya. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika inventaris (daftar yang memuat semua barang milik kantor yang dipakai dalam melaksanakan tugas) menjadi area paling penting karena mempengaruhi e-commerce dan proses manajemen operasi. Perlu Anda ketahui, jika di masa lalu manajemen operasi akan berencana memiliki sejumlah item tertentu di tangan pada setiap toko. Maka dengan adanya e-commerce, pemikiran mengenai inventaris menjadi sedikit lebih rumit. Sebab saat ini bisnis yang dijalankan melalui e-commerce bisa Anda jalankan dengan mudah dan juga tidak memiliki inventaris.

Suatu bisnis yang dijalankan dengan e-commerce operations management bisa dengan mudah memilih produk yang ingin dikirim langsung dari pabrik, sehingga Anda bisa lebih hemat mengenai pengeluaran, jam kerja untuk melacak inventaris serta lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *