Mengenal Jenis-Jenis Mesin Genset Besar Menurut Pilihan Bahan Bakarnya

Mengenal Jenis-Jenis Mesin Genset Besar Menurut Pilihan Bahan Bakarnya

Pentingnya listrik saat ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Bahkan, tidak adanya listrik karena mati lampu bisa mengakibatkan berhentinya aktivitas, bahkan bisa mengakibatkan kerugian besar bagi bisnis. Karena itulah genset besar dimanfaatkan sebagai alat penyedia listrik dalam situasi darurat ketika terjadi pemadaman.

Akan tetapi, tahukah Anda kalau sebenarnya ada berbagai macam genset besar yang dapat Anda temukan di pasaran? Pemisahan jenisnya bisa dilakukan berdasarkan jenis bahan bakar mesin genset tersebut. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasannya berikut ini dan selamat membaca!

Macam-Macam Mesin Genset Besar

  1. Genset gas.

Seperti yang langsung kelihatan dari namanya, jenis mesin genset yang satu ini memanfaatkan gas sebagai bahan bakarnya. Sedangkan jenis gas yang digunakan adalah Liquid Petroleum Gas (LPG alias elpiji) atau Compressed Natural Gas (CNG). Harga mesin genset gas terbilang cukup tinggi, yang sering kali diakibatkan harga bahan bakarnya yang juga mahal. Karena itu, jika Anda tertarik membeli jenis mesin genset yang satu ini, pertimbangkan segi anggarannya – bukan hanya ketika membeli, tapi juga ketika menggunakannya.

  1. Genset diesel.

Sedangkan jenis mesin genset yang satu ini bisa dibilang opsi yang sudah sangat umum ditemukan dan digunakan oleh masyarakat. Di samping itu, pengoperasian dan pengaplikasian genset diesel pun sangat mudah. Alasan lain mengapa banyak genset besar diesel yang digunakan adalah kapasitas watt-nya yang begitu tinggi, yaitu berkisar dari 5 kW (5.000 watt) sampai dengan 2 Mw (2.000.000 watt). Berdasarkan merk dan jenis yang Anda pilih, genset diesel memiliki 2 sampai 16 silinder. Akan tetapi, sayangnya jenis mesin genset yang satu ini juga perlu Anda pertimbangan matang-matang dari segi biaya atau anggaran, karena harga jualnya yang tinggi alias mahal. Jenis mesin genset ini ideal digunakan untuk kantor atau toko, yang punya kebutuhan daya listrik lebih tinggi daripada rumah tangga.

  1. Genset bensin.

Jenis mesin genset yang satu ini masih jadi pilihan yang paling populer digunakan oleh masyarakat, termasuk di Indonesia. Hal ini dikarenakan harganya yang relatif lebih terjangkau, terutama jika dibandingkan dengan harga genset gas maupun genset diesel. Dalam pengoperasiannya, mesin genset ini memanfaatkan bensin sebagai bahan bakar utamanya, dan mampu menghasilkan listri yang kapasitasnya mencapai 10 kW, atau 10.000 watt. Penggunaan jenis mesin genset yang satu ini pun terbilang sangat mudah, sehingga paling sering dimanfaatkan oleh para pemilik rumah. Apalagi, kapasitas daya yang dimiliki genset bensin memang sudah dirasa cukup untuk kebutuhan rumah tangga.

  1. Genset portable.

Untuk varian mesin genset yang satu ini, sebenarnya bukan termasuk ke dalam kategori genset besar. Hal ini dikarenakan sifatnya yang mudah dibawa ke mana saja alias portabel (portable), sehingga ukurannya pun kecil dan ringkas dengan bobot yang ringan. Genset portabel banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di luar ruangan, seperti saat berkemah atau di lapangan.

  1. Genset turbin.

Apabila dibandingkan dengan jenis-jenis mesin genset lainnya yang sudah disebutkan, genset turbin merupakan genset besar dengan kapasitas daya yang terbesar. Sebab, kapasitas jenis genset yang satu ini bisa mencapai 2 Mw, atau 2.000.000 watt, lho! Bahkan, sebuah kota kecil bisa dihidupkan kembali listriknya dengan genset ini, dengan cara penggunaan di mana beberapa turbin lantas digabungkan – bisa turbin air, turbin angin, maupun turbin uap, yang akan menghasilkan putaran pada generator agar listrik dapat dihasilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *