Pengukuran Jarak Kuda-Kuda Atap Baja Ringan

Pengukuran Jarak Kuda-Kuda Atap Baja Ringan

Dalam pemasangan rangka atap baja, kuda-kuda atap baja ringan adalah bagian terpenting yang terdapat dalam struktur atap. Sebenarnya tak hanya berlaku bagi atap baja ringan saja, tetapi juga berlaku bagi atap kayu, reng, maupun bambu. Adapun tujuan utamanya adalah sebagai penopang beban berat pada rangka atap rumah, penopang beban air hujan atau angin, sekaligus berperan sebagai penutup atap.

Cara Menghitung Ukuran Kuda-Kuda Atap Baja Ringan

Untuk mengukur jarak pada atap baja ringan dengan tepat sebenarnya harus disesuaikan dengan ukuran atap rumah itu sendiri, selain itu faktor lainnya ialah jenis genteng dan ketebalan baja juga berpengaruh terhadap penentuan jarak kuda-kuda. Salah satu keunggulan dari rangka atap baja ringan adala walaupun jaraknya terlalu rapat namun bebannya bisa dibilang cukup ringan.

Bagi Anda yang berencana memakai kuda-kuda pada atap baja ringan, ada beberapa tips untuk mengatur jarak proporsional saat memasang kuda-kuda, seperti berikut ini :

  • Dimensi Reng

Pengaturan dimensi batten atau reng jaraknya harus dibuat renggang dan jangan terlalu rapat, sebab bisa berpengaruh terhadap dimensi kuda-kuda, dalam hal ini jarak kuda-kudanya semakin besar. Reng pada dasarnya berperan sebagai penahan beban pada tumpuan reng, beban angin, penutup atap, dan beban pekerja ketika sedang mengerjakan proses pembangunan. Perhitungan beban itu sendiri ialah 1,2 beban mati dan 1,6 beban hidup. Sementara jarak lendutannya sekitar 1/300 L yaitu jarak interval pada kuda-kuda sebagai tempat bertumpunya reng.

  • Jarak Tumpuan

Jarak tumpuan pada kuda-kuda atap baja ialah 25 meter.

Itulah beberapa cara untuk mengukur jarak kuda-kuda dan atap baja ringan. Meskipun tak ada aturan khusus, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor pnting, seperti luas bangunan, jenis penutup atap yang diaplikasikan, dan lahan area.

Dalam pemasangan atap baja ringan dan kuda-kuda atap baja ringan itu sendiri, memerlukan beberapa tahapan penting, meliputi tahapan persiapan, tahapan marking dan levelling dan pemasangan. Hal yang perlu direncanakan dalam pemasangannya ialah gambaran tentang perencanaan atap, dan persiapan perlengkapan yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *