Perhatikan Hal Berikut Ketika Menggunakan Lampu Jalan Tenaga Surya

Perhatikan Hal Berikut Ketika Menggunakan Lampu Jalan Tenaga Surya

Lampu jalan tenaga surya menjadi salah satu jenis lampu yang berpotensi menghemat sumber energi di bumi. Hal ini dikarenakan kinerjanya yang menggunakan menggunakan daya listrik yang dihasilkan dari sumber energi tidak habis yaitu energi matahari. Dengan begitu, selain lebih hemat, tentu penggunaannya pun lebih mudah dan lebih ramah lingkungan. Meskipun begitu, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu beberapa hal berikut ketika Anda akan menggunakan lampu tersebut.

Ukuran Daya Lampu dan Penempatan

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan menggunakan lampu jalan dengan sumber energi dari surya ini adalah perihal daya lampu (biasanya LED) dan penempatannya.Seperti yang diketahui, lampu jalan atau PJU ini mempunyai model dan jenis yang beragam. Dengan begitu, upayakan agar penggunaan lampu sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Biasanya, ketinggian tiang lampu berkisar antara 4-8 meter tergantung dari bagaimana ukuran jalan yang akan diterangi. Selain itu, ukuran dayanya pun beragam dari mulai 10 watt hingga 40 watt. Misalnya saja Anda akan menggunakan lampu untuk penerangan jalan komplek yang tidak terlalu luas, maka bisa menggunakan tiang setinggi 4 meter dengan 10 watt pun sudah cukup.

DayaTahan Solar Panel

Selain melihat ukuran daya lampu dan juga penempatan, Anda juga harus memerhatikan bagaimana daya tahan penggunaan solar panel. Daya dari panel surya ini harus disesuaikan dengan daya lampu LED yang digunakan. Hal ini agar kinerja lampu dan hasil cahaya yang dihasilkan pun akan optimal. Dengan begitu, kualitas penting sekali jadi pertimbangan.

Pemasangan yang Tepat

Hal lain yang harus diperhatikan adalah perihal pemasangan lampu jalan tenaga surya ini dengan tepat. Bagaimana pun, pemasangan sangat perlu sekali Anda perhatikan. Sebetulnya, lampu ini mudah sekali dipasangkan. Apalagi Anda tidak harus menyambungkan kabel dari tiang ke tiang hingga sampai pada energi listrik. Meskipun demikian, jika pemasangannya tidak tepat, tentu akan berakibat fatal dan bisa menyebabkan kerusakan pada lampu.

Sesuaikan Warna Lampu yang Digunakan Serta Perawatannya

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan ketika akan menggunakan lampu jalan dengan energi surya ini adalah perihal warna lampu yang digunakan. Perlu diketahui, jenis lampu yang digunakan pun sangat beragam warnanya, ada putih atau warm light (kekuningan) dan lain sebagainya.Untuk pemakaian lampu di jalan raya, warm light ini lebih nyaman.

Ketika menggunakan LED putih, cenderung cahaya akan lebih silau dan bisa mengganggu penglihatan. Berbeda dengan warm light yang lebih nyaman sehingga tidak membuat silau. Terlebih, lampu dengan warna ini pun bisa lebih menembus ketika sedang hujan atau cuaca tidak bersahabat pada malam hari. Perawatan yang tepat pun tentu tidak luput dari perhatian, misalnya dengan pengecekan berkala dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika akan menggunakan lampu jalan tenaga surya. Hal ini untuk menumbuhkan kenyamanan dan memaksimalkan fungsi lampu tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *